Manfaat Ikan Manyung Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Manyung Untuk Kesehatan
==========================================





Ikan Manyung adalah ikan khas Pantai Utara Jawa. Ikan ini dapat diolah dengan berbagai macam cara. Dagingnya bisa diasinkan. Kepalanya untuk digulai. Kulitnya untuk dijadikan kerupuk. Popularitas Manyung selaras dengan berbagai macam manfaatnya untuk Obat Titan Gel yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Manyung dapat dijadikan sebagai sumber protein hewani yang aman bagi pengidap kolesterol karena kandungan lemak HDL nya lebih tinggi dari lemak LDL nya. Berikut kamis sudah menyusun 10 manfaat Ikan Manyung untuk kesehatan:




1. Meningkatkan Trombosit

Trombosit juga sering disebut sebagai Platelet atau keping darah yang merupakan sel-sel berbentuk oval kecil yang dibuat di sumsum tulang. Trombosit memiliki fungsi membantu dalam proses pembekuan. Ketika pembuluh darah pecah, trombosit berkumpul di daerah dan membantu menutup kebocoran. Khasiat ikan manyung ini ternyata dapat meningkatkan trombosit.
2. Mengatasi Masalah Kekurangan Gizi

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan manyung tergolong tinggi.Kandungan protein yang tinggi dalam ikan manyung ini, memberikan manfaat yang paling besar bagi manusia untuk kesehatan dan mencegah dari penyakit seperti: jantung, stroke, dan kolesterol. Minyak dalam ikan ini memiliki kandungan Omega-3 yang sangat berguna bagi tubuh manusia yang karena mengandung lemak yang berkolesterol rendah, sehingga jika mengkonsumsi ikan ini dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan kelebihan kolesterol.
3. Meringankan Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis dikenal sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi yaitu di mana kondisi sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Penyakit sendi menahun ini ditandai dengan kemunduran tulang rawan (kartilago) sendi dan tulang-tulang di dekatnya, sehingga penderita merasakan nyeri sendi dan kekauan pada tulang. Penyakit ini bisa dimulai dari gejala sederhana seperti nyeri pada lutut ketika bangun dari jongkok atau naik tangga. Jadi ketahuilah lebih dini bila anda memiliki gejala osteoarthritis. Ikan Manyung dapat meringankan osteoarhritis, karena ikan ini dapat memperbaiki tulang yang rawan dan menghilangkan nyeri sendi.
4. Menurunkan Gejala Diabetes Mellitus

Diabetes Mellitus atau kencing manis merupakan penyakit kronis yang muncul secara perlahan, terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolisme karbohidrat, yaitu pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat mempergunakan untuk mengubah gula darah menjadi energi. Penyakit ini disebabkan karena terlalu banyak makan-makanan yang manis-manis, pola makan yang tidak teratur dan jarang berolahraga. Untuk meringankan atau menurunkan penyakit kronis ini, Ikan Manyung bisa.
5. Mencegah Stroke

Stroke adalah hasil dari gumpalan dalam arteri otak. Tanpa pasokan oksigen, otak tidak dapat berfungsi normal. Jika aliran oksigen rusak, kelumpuhan, kerusakan otak, hilangnya persepsi sensorik, atau bahkan kematian dapat terjadi. Namun tenang saja, karena ikan manyung ini berkhasiat dapat mencegah stroke.
6. Dapat dijadikan sebagai Sport Fishing

Sport fishing merupakan olahraga memancing. Dalam bidang olahraga maupun rekreasi, ikan manyung ini dapat dijadikan sebagai sport fishing, rekreasi bagi orang yang memiliki hobi memancing. Ikan manyung ini hidup didasar perairan yang dapat dimanfaatkan sebagai ikan tangkapan dengan menggunakan alat tangkap seperti: jaring, pancing, rawe, pukat, dan serok.
7. Manfaat Ikan Manyung untuk Meningkatkan Selera Makan

Berbagai olahan berbahan dasar ikan manyung di antaranya adalah ikan asin yang disebut jambal roti, istilah “jambal roti” timbul karena ikan manyung asin yang telah di goreng teksturnya rapuh seperti rapuhnya roti panggang. Potensi lain yang terdapat dalam ikan ini adalah dapat dijadikan sebagai abon dan juga bagian kepala ikan ini dapat di buat gulai yang merupakan makanan khas pantai utara Jawa (Pantura), selain itu telurnya pun dapat dijadikan pepes. Dari beraneka ragam makan yang dapat di olah dari bahan dasar ikan manyung seperti di atas bermanfaat dapat meningkatkan selera makan.
8. Mengobati Radang Kulit

Radang kulit atau dermatitis, merupakan suatu gejala pada kulit saat jaringan terinfeksi oleh bakteri atau virus. Sesungguhnya penyakit ini bukan merupakan penyakit yang di derita seumur hidup. Penyakit ini hanya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan mengurangi penampilan diri. Kombinasi antara perawatan kesehatan mandiri dan pengobatan medis akan menghilangkan radang kulit. Inilah sebabnya kenapa anda harus mulai melirik manfaat Ikan manyung untuk kesehatan kulit ini.

Baca Juga: 15 Manfaat dan Khasiat Ikan Bilih untuk Kesehatan
9. Menurunkan Obesitas

Obesitas merupakan kelebihan berat badan. Orang yang mengalami obesitas akan kurang lincah dalam bergerak dan mudah capek. Untuk menurunkan obesitas anda perlu makan-makanan yang rendah lemak, dan mudah di cerna. Tapi anda tenang saja, Ikan manyung dapat menjadi solusi dalam menurunkan obesitas.
10. Meningkatkan Ekonomi

Dalam bidang ekonomi ataupun bisnis, ikan manyung merupakan ikan ekonomis yang penting sebagai ikan konsumsi yang dapat dijadikan sebagai bahan penghasil uang dengan memperdagangkannya dalam bentuk segar (dibekukan) maupun dalam bentuk ikan asin atau di olah menjadi makanan yang apabila di jual harganya sangat mahal.

Komentar